Berbisnis Produk Anyaman dengan Misi Sosial Ala Du Anyam
Berbisnis tidak selalu semata-mata mengutamakan keuntungan. Seperti yang dilakukan Du Anyam, sebuah perusahaan yang memproduksi produk-produk berbasis anyaman. Du Anyam berusaha meningkatkan kesejahteraan para pengrajin yang berada di bawah naungannya.
BP-Guide
Eva
Konsep bisnis Du Anyam sangat menarik, karena menggabungkan bisnis dan misi sosial. Bisa diceritakan tentang hal ini?
Co-Founder & Chief of Marketing Officer of Du Anyam
Melia Winata
Du Anyam didirikan di tahun 2014 dengan misi menyelesaikan masalah sosial ekonomi perempuan yang mengakibatkan rendahnya tingkat kesehatan gizi ibu dan anak di daerah timur Indonesia. Para perempuan yang tinggal di desa di Pulau Flores hanya memiliki kesempatan untuk bekerja mengurus ladang sehari-hari dengan pendapatan yang tidak menentu. Hal ini menyebabkan para perempuan tidak memiliki akses terhadap uang tunai yang stabil sepanjang tahun, yang mengakibatkan perempuan memiliki asupan gizi yang kurang, ditambah lagi dengan aktivitas kerja berat di ladang yang tidak bisa mereka tinggalkan.
Co-Founder & Chief of Marketing Officer of Du Anyam
Melia Winata
Melihat hal ini, Du Anyam menyediakan solusi bagi para perempuan melalui aktivitas menganyam, sebuah keterampilan yang sudah turun temurun dimiliki oleh para perempuan di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Aktivitas menganyam ini menjadi alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan oleh perempuan di luar bekerja di ladang dan mengurus kegiatan rumah.
Du Anyam memberikan masukan dari segi desain, kualitas, dan akses pasar untuk produk yang dihasilkan oleh para perempuan dengan memanfaatkkan bahan baku lokal, yaitu anyaman dari daun lontar, yang merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat NTT.
BP-Guide
Eva
Bagaimana cara merekrut pengrajin yang membuat produk Du Anyam?
Co-Founder & Chief of Marketing Officer of Du Anyam
Melia Winata
Du Anyam mengadakan ekspansi secara bertahap dengan memberikan sosialisasi dan mengadakan pelatihan menganyam secara reguler ke daerah sekitar tempat Du Anyam beraktivitas. Kami melatih "master weavers" dan membekali mereka kepercayaan diri serta kemampuan untuk berbicara di depan umum, supaya para master weavers bisa terlibat langsung di kegiatan ekspansi. Para penganyam baru yang bergabung di Du Anyam diberi pelatihan produksi mulai dari desain yang sederhana dan secara bersamaan diberi pelatihan standarisasi kualitas anyaman.
BP-Guide
Eva
Produk-produk apa saja yang diproduksi oleh Du Anyam?
Co-Founder & Chief of Marketing Officer of Du Anyam
Melia Winata
Produk yang diproduksi Du Anyam adalah kerajinan anyaman yang dibuat oleh para mama penganyam kami di Flores Timur, Papua, dan Kalimantan Selatan.
Produk-produk Du Anyam berupa perlengkapan corporate souvenir seperti ID tag, tablet dan laptop sleeve, luggage tag, dan banyak lagi. Kemudian kami juga memproduksi fashion accessories seperti pouch, dompet, card case, dan banyak tote bag cantik lainnya.
Selain itu, mama penganyam kami juga berhasil memproduksi keranjang-keranjang anyaman yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari menjadi keranjang cantik yang dapat menjadi dekorasi dan wadah multifungsi bagi banyak kalangan. Salah satu produk bestseller kami adalah keranjang Sobe dari anyaman daun lontar.
Co-Founder & Chief of Marketing Officer of Du Anyam
Melia Winata
Ciri khas produk-produk Du Anyam tentunya berasal dari bahan baku produk-produk kami yang diambil dari bahan anyaman khas masing-masing daerah. Ada anyaman daun lontar dari Flores Timur, anyaman purun dari Kalimantan Selatan, dan anyaman kulit pohon waru dari Papua. Selain tanaman-tanaman ini tumbuh subur di sekitar tempat tinggal mama penganyam kami, tanaman ini juga tergolong ramah lingkungan dan dapat membantu memitigasi perubahan iklim global.
Co-Founder & Chief of Marketing Officer of Du Anyam
Melia Winata
Produk yang disukai konsumen kami cukup beragam. Mulai dari keranjang home decor dari anyaman lontar bernama Sobe yang menjadi bestselling produk, hingga tas tote bag cantik dari anyaman purun.
BP-Guide
Eva
Hingga kini, pemasaran Du Anyam sudah sampai ke mana saja?
Co-Founder & Chief of Marketing Officer of Du Anyam
Melia Winata
Du Anyam memiliki mimpi untuk memberdayakan perempuan terutama untuk mereka yang tinggal di daerah terpencil di Indonesia. Kami ingin memberikan kesempatan bagi perempuan untuk mengembangkan kemampuannya sebagai salah satu cara untuk melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia. Dengan misi pemberdayaan perempuan, peningkatan kualitas hidup, dan promosi budaya Indonesia, maka Du Anyam ingin bergerak menjadi sebuah ethical brand yang terkemuka di Indonesia.
Jika Anda tertarik dengan produk-produk Du Anyam, kunjungi saja website Du Anyam dan toko resminya yang ada di Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.
BP-Guide Eva